Kamis, 10 Januari 2013

Cara Menginstal Komputer


MENGATUR BIOS 

LANGKAH 1

Hubungkan monitor, keyboard, mouse dan peranti lainnya ke PC. Jangan lupa tancepin kabel power ke port power di belakang PC. Abis itu, teken tombol power ke PC dan monitor buat ngidupin komputer rakitan lo. PC langsung ngelakuin proses booting.




LANGKAH 2

Langsung aja teken tombol [Delete] pada keyboard buat masuk ke menu BIOS/CMOS Setup.



LANGKAH 3

Lo bakal masuk BIOS. Pada workshop ini, motherboard yang gua gunain pake AwardBIOS. Jadi langkah-langkah berikut ini disusun berdasarkan AwardBIOS. Pengaturan untuk jenis BIOS lainnya kurang lebih sama aja kok. Nah, hal pertama yang kudu lo lakuin adalah mengeset waktu yang bakal dipake oleh sistem komputer. Aturlah melalui menu [Main] [System Time]. Buat ngubahnya, pake tombol [+], [-] dan tombol [Tab] pada keyboard lo.



LANGKAH 4

Teruz, dengan cara yang sama, ubah tanggal pada sistem komputer lo melalui menu [System Date].



LANGKAH 5

Abis mengeset waktu dan tanggal dari sistem, kalo mau, lo juga bisa masang password BIOS biar orang lain ga bisa ngubah setelan BIOS yang lo bikin. Caranya, pilih menu [Supervisor Password], terus teken tombol [+] pada keyboard. Masukin password lo pada boks Enter Password, terus klik [Enter]. Masukin lagi password Anda pada boks Confirm Password, terus klik [Enter]. Nah, sekarang status opsi Supervisor Password pasti jadi Enabled.



LANGKAH 6

Kalo PC lo bakal dipake rame-rame, lo juga bisa ngeset user password untuk masing-masing pengguna. Manfaatin aja menu [User Password]. Cara ngesetnya sama saja kok sama pengaturan pada Supervisor Password.



LANGKAH 7

Sekarang buka menu [Advanced] dengan menekan tombol arah panah ke kanan pada keyboard lo, trus pilih [I/O Device Configuration] lalu [Enter].



LANGKAH 8

Di sini lo bisa ngatur penggunaan fitur on-board pada motherboard lo. Misalnya, kalo lo pake kartu suara dan modem yang bukan on-board, ubah opsi [Onboard AC97 Audio Controller] dan [Onboard AC97 Modem Controller] jadi [Disabled] dengan mencet tmbol [+] pada keyboard lo. Terus klik [Esc] untuk kembali ke menu [Advanced].



LANGKAH 9

Sekarang pilih opsi [PCI Configuration] lalu teken [Enter]. Abis itu biar slot USB lo berfungsi set opsi [USB Function] jadi [Enabled]. Kalo belum, lo bisa ngubahnya dengan mencet tombol [+]. Kalo sudah, balik lagi ke menu [Advanced] dengan mencet tombol [Esc].



LANGKAH 10

Selanjutnya lo bisa ngubah manajemen penggunaan listrik dari komputer lewat menu [Power] dengan mencet tombol cursor arah. Tapi buat gampangnya, ga usah ngubah hal apa pun dalam pengaturan ini.



LANGKAH 11

Selanjutnya buka menu [Boot]. Nah, buat ngegampaingin penginstalan sistem operasi yang bakal dilakuin abis ini, ubah pola boot dari PC. Set CD ROM sebagai boot device pertama, terus hardisk sebagai boot device ke dua dan floopy boot device ke tiga, pake tombol [+] atau [-]. Gunanya, agar tiap kali booting, komputer mencari adanya sistem operasi di CD-ROM dulu, baru kemudian hardisk, dan floopy.



LANGKAH 12

Masukin CD instalasi Windows XP ke CD-ROM drive. Abis itu, pilih menu [Exit] [Exit Saving Changes] buat keluar dari BIOS dan nyimpen pengaturan yang lo bikin barusan. Next, komputer bakal restart otomatis. Dan kalo lo tadi ngeaktifin user password, pasti bakal muncul bok password. Isi password itu biar komputer dapat ngelanjutin proses booting.




     Nah jadi kalo misalkan komputer rakitan lo udah selesai atau yang mau reinstal, ga usah segala ke toko elektronik atau ke benkel komputer lainnya. Sekarang lo juga udah bisa ngeinstal ulang komputer lo.
     Kalo gitu sekian dari gua tentang penjelasan reinstal atau instal ulang komputer jugalo para SACKAKERZ, sampai ketemu lagi di lain dunia maya...!!!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aztasacka.blogspot.com

type='text/javascript'/>