Rabu, 09 Januari 2013

Cara Menambahkan Widget di Blog


Cara Menambahkan Widget di Blog - Semua blogger pasti pengen ngebikin blognya tampil menarik. Blog yang menarik, pasti ngebikin pengunjung lebih betah dan ga bosen berkunjung ke situs blog lo. Ada 2 cara yang biasa dipake buat mempercantik atau ngemodif tampilan blog lo. Yang pertama adalah dengan mengedit kode HTML Template blog, dan yang kedua adalah Nambahin widget / gadget baru ke dalam blog, baik di sidebar, footer, atau juga di bawah kalo ga diatas postingan blog.


 Cara Menambahkan widget
 Blogger udah nyediain banyak widget menarik yang bisa ditambahin ke dalam blog. Ini adalah salah satu kelebihan blogspot dibandingin sama blog lain kaya wordpress. Sayangnya, kebanyakan widget bisa bikin loading blog jadi lama (lola). Makanya, jangan terlalu banyak nambahin widget di dalam blog. Kalo emang kudu nambahin banyak widget, pastiin widgetnya ga pake Java Script. Kalo widgetnya pake Java Script, pastiin Java Scripnya ga lebih dari 1 ( untuk 1 widget ).

 Buat nambahin widget baru di blog, lo bisa milih widget yang di sediain oleh blogspot. Selain itu, kita juga bisa nambahin widget lain yang ga disediain oleh blogspot dengan cara masukin kode widget ke kotak HTML/JavaScript yang udah disediain blogger dot com. Ini penjelasan tentang kedua cara itu :

1. Menambahkan Widget yang disediakan oleh blogspot
Kaya biasa aja, masuk dulu ke akun blog pake Username dan password lo.
Klik tanda panah item mengarah ke bawah yang ada di samping nama blog terus pilih "Tata Letak".


Gambar 1 : Cara Menambah widget di blog


Di halaman "Tata Letak", klik tulisan "Tambah Gadget".  Lo bakal liat banyak tulisan "Tambah Gadget". Dimana aja lo click tambah gadget, di situ tempat gadget bakal disimpen.


Gambar 2 : Cara Menambah widget di blog


Klik tanda Plus (+) atau nama widget / gadget yang pengen ditambahin di blog pada  pop up window yang muncul kaya gambar ini :


Gambar 3 : Cara Menambah widget di blog


Di halaman berikutnya, lo tinggal click "Simpan".

 2. Menambahkan widget yang tidak di sediakan oleh blogspot

 Lo juga bisa nambahin widget yang ga di sediain oleh blogspot, misalnya widget yang di share oleh blogger lain dengan memberikan kode HTML widged. Buat nambahin widget di blog yang udah diketahui kode HTMLnya, ini dia panduannya :

Pas muncul pop up window setelah mengklik tulisan "Tambah Gadget" pilih gadget "HTML/JavaScript".


Gambar 4 : Cara Menambah widget di blog


Lo bakal liat kotak HTML/JavaScript. Masukin Judul Widget pada kotak pertama, dan masukin kode Widget pada kotak kedua. Note : Judul widget terserah lo para SACKAKERZ...!!!!!


Gambar 5 : Cara Menambah widget di blog

 Pastiin ga ada kesalahan pada kode HTML widget. Kurang 1 karakter aja bisa bikin widgetnya ga bakal bekerja sebagaimana mestinya (ga ada toleransi kesalahan sama sekali). Klik "simpan" kalo udah selesai.

 Catatan :

  1. Dimana aja lo click tulisan "Tambah Gadget", maka disitulah letak widgetnya bakal kesimpen. Widget itu bisa di pindahin ke tempat lain dengan Drag and Drop ( Klik, tahan lalu seret mouse ) ke tempat lain yang lo pengen.
  2. Pilih widget yang ga terlalu banyak ngegunain file Java Script biar ga bikin blog lama di load browser.
  3. Beberapa widget kadang-kadang kudu di tambahin dengan mengedit kode HTML template blog. 
  4. Gua harap artikel singkat tentang "cara menambahkan widget baru di blog" ini bermanfaat buat lo para SACKAKERZ...!!!!!



Ampe ketemu lagi di dunia web lainnya yah para SACKAKERZ...!!!!!




2 komentar:

  1. thanks gan ..
    mampir juga ya brad http://ksatria-biru.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. thanks bro tipsnnya ..
    kunjungi balik http://alldase.blogspot.com/

    BalasHapus

aztasacka.blogspot.com

type='text/javascript'/>